Google Ungkap Daftar Smartphone Android yang Rentan

Google Ungkap Daftar Smartphone Android yang Rentan
Keamanan Android terus berkembang. Patch (tambalan) bulanan bisa mencegah ancaman yang ada, sementara Google Play Protect menyisir malware dari Play Store.

Terlepas dari pencapaian ini, tetap saja ada teladan oknum di luar sana yang bisa mengeksploitasi isyarat Android untuk tujuan jahat.

Tim Project Zero Google baru-baru ini melaporkan peristiwa itu, dan Anda mungkin berisiko kalau mempunyai salah satu ponsel rentan yang dicantumkan Google.

Kerentanan yang dimaksud memengaruhi isyarat kernel Android, memungkinkan seorang hacker untuk mendapatkan jalan masuk root melalui aplikasi sideload berbahaya. Dengan jalan masuk root, penyerang bisa memanipulasi hak istimewa, mencuri data, dan bahkan merusak sistem operasi.

Google awalnya menemukan kerentanan ini pada tahun 2017. Patch keamanan yang dirilis pada Desember 2017 menutup exploit di kernel 4.14 LTS, serta AOSP Android 3.18, 4.4, dan 4.9 kernel.

Namun, beberapa perangkat Android terkenal baru-baru ini ditemukan masih rentan terhadap ancaman khusus Zero-Day ini.

Berikut daftar ponsel rentan yang terpengaruh ancaman Zero-Day:

  • Pixel 1 dan 2
  • Huawei P20
  • Xiaomi A1, Redmi 5A, Redmi Note 5
  • Oppo A3
  • Moto Z3
  • Ponsel LG dengan Android 8 Oreo
  • Samsung Galaxy S7, S8, S9

Project Zero Google mengonfirmasi bug ini telah dieksploitasi di sejumlah handset aktif, dan menandai kelemahan tersebut sebagai prioritas tinggi.

Ponsel Pixel yang terkena dampak akan mendapatkan patch keamanan pada bulan Oktober yang akan menuntaskan kerentanannya. Namun sisa perangkat di daftar ini belum diketahui kapan akan mengeluarkan update keamanan.

Semiga masing-masing OEM bisa meluncurkan pembaruan secepatnya.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *