iPad dan MacBook Gunakan Layar Mini LED?

iPad dan MacBook Gunakan Layar Mini LED?
Apple berencana merilis iPad dan model MacBook dengan tampilan Mini-LED pada selesai tahun 2020 dan pertengahan tahun 2021. Hal tersebut diungkapkan Ming Chi Kuo.

Kuo, menyebutkan MacBook dan iPad tersebut akan memakai 10.000 lampu LED untuk layarnya.Jumlah tersebut merupakan peningkatan besar jikalau dibandingkan dengan layar Apple Pro Display XDR yang mengusung jumlah 576 LED. Masing-masing LED akan berukuran kurang dari 200 micron.

Panel tersebut akan berukuran antara 10 inci sampai 12 inci untuk iPad Pro dan 15 inci sampai 17 inci untuk MacBook Pro. Mengingat panel OLED berukuran medium sekarang berharga lebih terjangkau dan lebih gampang untuk dibuat, Apple diperkirakan tidak akan menunggu sampai teknologi MicroLED matang.

Meskipun produksi massal layar OLED berukuran sedang telah membaik dan kinerja wide color gamut OLED sebanding dengan Mini-LED, namun Kuo percaya bahwa Mini-LED menjadi pilihan pertama Apple. Hal ini untuk menghindari dilema burn-in serta mengurangi ketergantungannya pada Samsung yang memasok layar OLED.

Apple dilaporkan akan menunjuk LG Display sebagai pemasok Mini-LED utama perusahaannya dengan tunjangan dari Epistar, Zhen Ding, Radiant Opto-Electronics, Nichia, Avary Holding, dan TSMT. Teknologi ini akan pertama kali tersedia di seri iPad pada selesai tahun 2020, dan akan diperkenalkan pada seri MacBook Pro segera setelahnya.

Sebab raksasa teknologi asal Korea Selatan ini masih menduduki tahta dalam pasar panel layar OLED berukuran kecil sampai medium. Layar Mini-LED akan memungkinkan perangkat hadir dengan bodi lebih tipis dan bobot lebih ringan, namun tetap bisa menghadirkan performa serupa panel OLED.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *