Canalys: Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q2 2019

Canalys: Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q2 2019
Hingga pertengahan Agustus, sejumlah forum riset telah melaporkan hasil penelitian mereka di industri smartphone. Setelah pekan kemudian ada Counterpoint, kini giliran Canalys.

Dilansir dari akun resminya di Twitter, Canalys melaporkan penjualan smartphone dan lima vendor smartphone dengan market share terbesar di Indonesia selama kuartal kedua tahun ini.

Penjualan smartphone di tanah air tumbuh 8,9% year-on-year (YoY) selama periode April hingga Juni 2019. Canalys menyebutkan persaingan smartphone di ranah online semakin memanas.

Hal ini mengambarkan kondisi pasar smartphone Indonesia ini terbilang membaik dari tahun-tahun sebelumnya usai imbas dari hukum IMEI yang gres saja ditetapkan oleh pemerintah.

Selama periode tiga bulan itu, lima vendor smartphone top di Indonesia berdasarkan Canalys ialah Oppo (26%), Samsung (24%), Xiaomi (19%), Vivo (15%) dan Realme (7%).

Oppo jadi raja pasar ponsel Indonesia mengungguli merk-merk lain. Penjualan raksasa China itu tumbuh 54% dari periode sama di tahun lalu, berkat cakupan offline yang kuat.

Sang jawara tahun lalu, Samsung, hanya bisa tumbuh sebanyak 10% saja. Hal itu menjadikan posisinya bergeser menjadi kedua sesudah sebelumnya berada di puncak pada empat kuartal berturut-turut selama 2018.

Bertolak belakang dari Oppo dan Samsung, Xiaomi malah mengalami penurunan. Perusahaan terperosok sebanyak 9% hingga membawa ke posisi ketiga dilaporan Canalys. Setelah sebelumnya Xiaomi berhasil tumbuh 139,4% pada kuartal keempat 2018.

Lalu, di urutan keempat tetap bertengger vendor China lainnya, Vivo, yang menguasai pasar smartphone Indonesia sebesar 15% dengan tumbuh sebanyak 62% YoY. Tiba di urutan terakhir ada Realme dengan penjualan mencapai 7%.

Pekan lalu, Counterpoint Research juga sudah mengeluarkan laporannya terkait pasar smartphone tanah air. Berbeda dari Canalys, lima vendor smartphone teratas di Indonesia selama Q2 2019 versi Counterpoint ialah Samsung (27%), Xiaomi (21%), Oppo (17%), Vivo (9%), dan Realme (8%).

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *