Menjajal Oppo Reno di Negeri Asalnya

Menjajal Oppo Reno di Negeri Asalnya

Oppo memenuhi kesepakatan untuk memperkenalkan pendekar terbaru, Oppo Reno. Smartphone yang diposisikan di pasar high end ini, telah melenggang di Indonesia pada simpulan Juni lalu.

Peluncuran di Indonesia, dilakukan tak usang berselang sesudah peluncuran di pasar global, termasuk China. Oppo terbilang merk yang bisa mempersempit jarak peluncuran antara global dengan pasar domestik, rata-rata maksimal sebulan.

Ini menjadi nilai lebih bagi Oppo. Karena konsumen di Indonesia tak perlu menunggu usang untuk menikmati smartphone unggulan yang sudah banyak diulas sebelumnya di banyak sekali media mainstream, media sosial, maupun situs video sharing paling populer, Youtube.

Terdapat dua varian, yakni Reno 10x Zoom dan Oppo Reno di Indonesia. Keduanya dibanderol dengan harga masing-masing Rp 13 juta dan Rp 8 juta.

Di China, Oppo Reno versi standar sudah dijual terlebih dahulu di pasar domestik, yakni pada 19 April 2019. Menyusul kemudian Reno 10x Zoom yang diperkenalkan pada 10 Mei 2019.

Nah, satu hari sebelum beranjak ke Shanghai guna menghadiri perhelatan Mobile World Congress 25-28 Juni 2019, saya menyempatkan diri berkunjung ke Huaqiangbei. Ini yaitu daerah yang terkenal sebagai “China’s Silicon Valley” atau “Silicon Valley of Hardware”.

Wilayah yang terletak distrik Futian ini disebut-sebut sebagai sentra belanja elektronik terbesar di dunia. Anggapan yang bukan sekedar klaim semata, mengingat Shenzhen yaitu produsen utama smartphone dan barang-barang elektronik lainnya.

Kota di provinsi Guangdong itu, merupakan tempat banyak gadget dan produk teknologi tinggi dari merek-merek besar dunia diproduksi. Baru kemudian menyebar di seluruh dunia.

Meski terkenal sebagai nirwana belanja smartphone dan elektronik, Huaqiangbei Commercial Street juga mempunyai banyak hal untuk ditawarkan bagi mereka yang mencari busana laki-laki dan wanita.

Saat menyusuri daerah ini, Anda akan terkagum-kagum dengan luasnya area belanja. Mungkin perlu waktu seharian penuh untuk ‘ngiderin Huaqiangbei.

Konsumen dimanjakan dengan trotoar super lebar. Berkat revitalisasi banyak sekali kemudahan infrastruktur, Huaqiangbei Road kini menjadi kiblat belanja ramah pejalan kaki modern yang dicerminkan oleh mal bawah tanah yang membentang jarak yang sama, terbesar dari jenisnya di China.

Terdapat lebih dari 20 mal yang yang menyediakan sekitar 70 juta meter persegi area bisnis. Jumlah tenaga kerja yang terserap di sentra belanja ini juga terbilang fantastis, mencapai 130.000 orang. Total penjualan tahunan pun bikin geleng-geleng kepala, menembus lebih dari US$ 20 miliar.

Menyusuri daerah ini, kita akan disuguhi reklame-reklame berukuran raksasa. Merek-merek papan atas, dengan posisi strategis menghiasi dinding pusat-pusat belanja.

Berbagai gerai gadget, elektronik dan aksesoris yang berdiri berderetan di sepanjang jalan utama, juga berebut pengunjung dengan mal berukuran super besar.

Alhasil, jikalau tidak punya tujuan yang terang di Huaqiangbei, kecuali sekedar sightseeing atau wisata kuliner, maka Anda seolah akan “tersesat” dalam belantara mal dan gerai-gerai belanja.

Dengan ribuan pengunjung yang memadati Huaqiangbei setiap harinya, maka sudah menjadi keharusan bagi merek-merek top smartphone untuk membuka gerai di sini.

Merek-merek lebih banyak didominasi yang kini menguasai pasar lokal dan juga dunia, mirip Huawei, Vivo, Oppo, Xiaomi, Honor, dan Realme terlihat paling mencolok. Hanya iPhone yang terlihat bisa mengimbangi kedigdyaan kuartet vendor China itu.

Sebagai produsen smartphone nomor empat dunia, Oppo bahkan membangun flagship store di Huaqiangbei. Ini yaitu toko utama yang dibangun Oppo pada April 2019. Menyusul gerai di Shanghai yang pertama kali diperkenalkan pada Agustus tahun lalu.

Sepintas dari luar, tampilan gerai ini benar-benar unik. Layaknya perwujudan antara galeri seni dan teknologi tinggi. Tampak terang bahwa Oppo merancang gerai utama ini secara out of box.

Salah satunya bisa terlihat sebelum pengunjung memasuki toko. Bola dunia di depan toko tidak hanya menarik untuk dilihat. Bola itu memperlihatkan semua negara di mana Oppo ketika ini tersedia dan mereka memperbarui setiap saat.

Sebagai flagship store, Oppo memperlihatkan sesuatu yang lebih personal dibandingkan gerai ponsel pada umumnya. Seperti toko ponsel mana pun, tentu saja ada banyak handset yang dipajang untuk dicoba oleh para pengunjung.

Namun, Oppo memastikan area itu tetap luas dan kosong sehingga Anda tidak akan merasa terikat atau terlalu akrab dengan pelanggan lain.

Oppo juga memahami bahwa tidak semua pembeli suka didekati oleh tenaga penjual dan lebih menentukan untuk menelusuri sendiri.

Untuk melayani kelompok ini, Oppo menyediakan layar digital yang memungkinkan pelanggan menemukan semua informasi yang mereka butuhkan wacana banyak sekali ponsel yang tersedia.

Tak ketinggalan, Oppo merancang beberapa pop-up inventif untuk membiarkan pelanggan menguji dan mengalami fitur yang dibanggakan oleh ponsel terbaru mereka. Termasuk smartphone terbaru mereka, Oppo Reno.

Di sini, pengunjung sanggup lebih puas mengeksplorasi seluruh fitur-fitur yang tersedia pada Oppo Reno, termasuk kamera dengan pembesaran sampai 10 kali, yang menciptakan banyak pengguna terpincut.

Perlu obyek yang keren untuk menguji hasil bidikan Oppo Reno? Tak perlu khawatir, ada buku-buku di meja yang berserakan, CD, komputer keluarga, kendaraan beroda empat mini dan barang-barang menarik lainnya dipajang dengan tampilan keren.

Keberadaan barang-barang ini, selain bisa menciptakan pelanggan merasa nyaman, juga bisa juga menjadi obyek foto yang manis untuk menguji kemampuan kamera Oppo.

Berkunjung ke flagship store pastinya lebih cocok buat Anda yang mempunyai waktu waktu banyak. Tapi bagaimana kalau waktu yang tersedia terbilang sempit, sementara Anda ingin segera membawa pulang Oppo Reno?

Jangan khawatir, tak jauh dari flagship store, ada gerai mini Oppo. Berukuran sekitar 5 x 10 meter, gerai penjualan ini memang khusus ditujukan bagi pelanggan yang ingin menguji secara singkat banyak sekali smartphone Oppo, termasuk Oppo Reno.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *