Review MicroSD Sandisk Extreme Pro A2: Kartu Memori untuk Melegakan Kapasitas Smartphone

Review MicroSD Sandisk Extreme Pro A2: Kartu Memori untuk Melegakan Kapasitas Smartphone

Ketika memori smartphone penuh, menyematkan kartu MicroSD ialah solusi cepat. Namun sebagian pengguna malah mencicipi kinerja smartphone-nya melambat gara-gara kartu memori eksternal. Benarkah demikian?

Jawabannya tergantung pada jenis kartu yang Anda gunakan. Karena, layaknya smartphone, kartu MicroSD pun punya spesifikasi berbeda-beda, mulai dari kecepatan baca/tulis, kecepatan transfer, kemampuan rekam video 4K, dan lain-lain. Jika menentukan kartu yang tidak kompatibel, maka ada kemungkinan kinerja smartphone melambat ketika mengoperasikan aplikasi atau game tertentu.

Lalu kartu MicroSD apa yang anggun untuk ponsel Anda? Agar tidak menurunkan kinerja smartphone Anda, Selular.ID ingin merekomendasikan kartu MicroSD terbaik yang ada di pasaran ketika ini, yaitu kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2.

Kartu MicroSD terbaru dari Sandisk ini cocok dipakai untuk semua jenis smartphone (yang mendukung kartu eksternal). Terlebih alasannya ialah kartu ini sudah mendukung teknologi A2.

Berkat teknologi terbaru, pengguna akan menerima kecepatan super dalam mengakses file atau aplikasi yang disimpan di kartu memori. Tidak hanya itu, kartu memori ini menjamin pengalaman bermain game online yang lancar tanpa hambatan. Karena itu, tentu sangat berkhasiat bagi pengguna smartphone yang ingin memindahkan game berat ke memori eksternal untuk melegakan kapasitas smartphone.

Harga Kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2

Sudah dijual semenjak Oktober 2018, kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 tersedia dalam empat kapasitas memori, mulai dari 64/128/256/400GB. Harga jualnya mulai dari Rp400 ribuan.

Selain varian “Pro”, Sandisk juga mengeluarkan varian regular yakni kartu MicroSD Extreme A2 dengan pilihan kapasitas sama 64/128/256/400GB dengan harga mulai dari Rp300 ribuan.

Fitur Sandisk Extreme Pro A2

Sebelum A2, Sandisk telah mengeluarkan kartu memori dengan teknologi A1. Keduanya khusus dipakai untuk standar microSD smartphone. MicroSD A1 mempunyai spesifikasi Sekolah Dasar Physical 5.1. Dengan kecepatan IOPS lebih besar, file yang disimpan di memory card sanggup diakses lebih cepat oleh smartphone.

Kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A1 ini dirancang khusus untuk menangani banyak file, mirip file storage di dalam smartphone dan aplikasi. Tidak hanya untuk menyimpan data file (peta, gambar, video, music, dan dokumen), A1 juga memungkinkan pengguna untuk mengedit dan memperbarui data.

Dibanding microSD biasa, kartu MicroSD dengan teknologi A1 bisa memuat file atau aplikasi lebih cepat. Sementara kartu MicroSD A2 mengunakan Sekolah Dasar Physical 6.0 dari data Sekolah Dasar Association. Sebagai penerus, otomatis performa A2 lebih cepat dari A1.

Kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro sudah memakai teknologi A2, sehingga kinerja kartu jauh lebih tinggi alasannya ialah memakai fungsi Command Queuing dan Cache. Manajemen memori flash yang efisien sanggup didukung oleh fungsi Maintenance.

Contohnya pada ketika loading game, akan dibutuhkan random access yang baik, pada waktu bersamaan, secara simultan. Mulai dari membuka aplikasi, mengecek kanal yang sempurna bagi game, mengecek level game, hingga mengecek audio yang tepat. Semua itu membutuhkan random IOPS yang mumpuni.

Kartu memori microSD Sandisk Extreme Pro A2 sangat ideal untuk smartphone keluaran terbaru. Namun intinya semua smartphone bisa memakai kartu ini, hanya saja kecepatan Read dan Write tidak akan semaksimal ketika kartu disematkan ke smartphone premium.

Kecepatan

Secara teori, kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 ini mempunyai kecepatan Baca maksimal 170MB per detik dan kecepatan Tulis 90MB per detik.

Performa kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 ialah 4000 baca IOPS dan 2000 tulis IOPS. (Sedangkan performa A1 ialah 1500 baca IOPS, 500 tulis IOPS).

Selain lebih cepat, kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 sudah mengusung UHS Kelas 3 (U3) dan peringkat Kecepatan Video Kelas 30 (V30). Artinya, kartu ini bisa diandalkan untuk merekam video resolusi 4K atau dikenal sebagai Ultra High Definition (UHD), persis 3840 x 2160 piksel.

Pengujian PC
Pada pengujian memindahkan file format MP4 sebesar 2GB dari PC ke kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2, menerima kecepatan sekitar 71Mbps, padahal Sandisk mengklaim 90Mbps.

Sedangkan ketika memindahkan file yang sama dari kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 ke PC, kecepatannya mencapai 1,1Gbps.

Pengujian mungkin akan berbeda di PC Anda atau smartphone Anda, tergantung pada jenis prosesor dan RAM.

Main Game Mobile di Smartphone

Selain data file media, data pada smartphone juga menyangkut aplikasi. Seharusnya, setiap kartu memori eksternal bisa menyimpan data file dan aplikasi. Namun, sejumlah vendor menerapkan proteksi yang tidak memungkinkan kartu MicroSD menyimpan file aplikasi.

Guna menguji kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 pada smartphone kami memakai Samsung Galaxy A50, alasannya ialah Samsung mengizinkan kartu eksternal berperan layaknya “memori internal” sehingga bisa menyimpan file aplikasi ke kartu memori.

Hasilnya, aplikasi game PUBG Mobile bisa dimuat dalam waktu hampir bersamaan. Bahkan, sedikit lebih cepat pada aplikasi game yang sudah dipindahkan ke kartu memori pada Samsung Galaxy A50. Begitu pula ketika membuka game mobile lain dengan ukuran dewa.

Lalu ketika bermain game, kami juga tidak mencicipi perbedaan. Game terasa mulus meski file aplikasi berada di kartu memori. Bahkan, lebih nge-gas alasannya ialah memori internal orisinil selalu lapang.

Itu artinya, kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 tidak akan menciptakan smartphone Anda melambat.

Proteksi Data

Ada banyak fitur canggih yang ditanam ke dalam produk kartu MicroSD Sandisk. Salah satunya, fitur RescuePRO Deluxe.

Data merupakan harta karun di zaman digital. Kehilangan data tentu menjadi mimpi jelek semua pengguna smartphone. Mengetahui hal itu, Sandisk menunjukkan dukungan back-up data di setiap produknya.

Sandisk RescuePRO Deluxe memungkinkan pengguna untuk bisa menerima kembali file yang sudah dihapus. Di dalam setiap bungkus boks penjualan, tercantum aba-aba kanal untuk menerima file Anda kembali. Jangan lupa daftarkan kartu Sandisk Anda ke website resmi perusahaan.

Pembeli kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 juga akan menerima langganan software RescuePRO Deluxe selama dua tahun secara cuma-cuma. Selain itu, proteksi data dengan password bisa dilakukan supaya data tetap kondusif dengan software dari SanDisk SecureAccess.

Sebagai berita tambahan, meskipun teknologi A2 dikhususkan pada penggunaan smartphone, namun pemakaian kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 tidak terbatas pada smartphone saja. Pengguna juga bisa memakai kartu pada alat elektronik lain mirip kamera DSLR dan Voice Recorder. Karena, pada paket penjualannya, sudah dilengkapi dengan adapter, sehingga kartu MicroSD bisa berubah format menjadi kartu SD.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *