Google Calendar Menjadi Celah Bagi Penipu Curi Saldo Rekening

Google Calendar Menjadi Celah Bagi Penipu Curi Saldo Rekening

Berbagai cara dilakukan sejumlah orang yang tidak bertanggung jawab, mirip mencuri saldo rekening.

Kabar terbaru menyebutkan, bahwa dikala ini para penipu memanfaatkan fitur Google Calendar bagi calon korbannya yang memakai Android.

Seperti dilaporkan Android Central, penipu akan secara otomatis menambahkan permintaan ke calon korbannya, bahkan jikalau si calon korban tidak merespons permintaan di Google Calendar, akan ada pengingat muncul.

Yang Isinya, mengingatkan kalau si calon korban harus melaksanakan transfer ke rekening serta bakal meminta isu rekening mirip nomor rekening sampai Pin.

Biasa penipu akan berpura-pura menginformasikan mengenai memenangkan lomba namun untuk mengklaim hadiahnya diharapkan isu rekening tertentu.

Cara lain, dengan mengirimkan link modus yang kalau tidak sengaja tertekan, maka isu langsung si korban mampu terkirim. Si calon korban harus benar-benar hati-hati supaya link tersebut tidak tertekan.

Pada serangan di Calendar, scammer memakai alamat email yang sudah disiapkan untuk mengirim permintaan mereka.

Untuk mengatasi problem ini, buka Setting Google Calendar kemudian pilih Event Setting > Automatically add Invitation dan kemudian pilih opsi ‘ No, only show invitations to which I’ve responded’. Lalu pastikan ‘show declined events’ tidak tercentang.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *