Cara Memposting ke Beberapa Medsos Sekaligus

Cara Memposting ke Beberapa Medsos Sekaligus

Jika Anda aktif di dunia maya terutama media sosial, bisa jadi Anda kerepotan dalam mengelola semua akun yang ada. Ketika ingin berbagi foto-foto liburan misalnya, Anda harus pergi ke setiap layanan dan menciptakan postingan yang sama ke masing-masing.

Nah, salah satu cara mengatasinya ialah dengan memakai manajer jejaring sosial yang memungkinkan Anda memantau dan mengirim, ke lebih dari satu jejaring sosial sekaligus. Alat-alat simpel ini dulunya lebih tersedia untuk pengguna reguler, tetapi sekarang, lebih banyak didominasi penyedia menjualnya ke bisnis untuk tujuan pemasaran atau lainnya.

Namun, masih ada satu atau dua yang memperlihatkan versi gratis yang bisa memberi Anda kendali suplemen atas penggunaan jejaring sosial, salah satunya ialah Buffer.

Posting di Instagram memakai Buffer

Aplikasi manajer jejaring sosial berjulukan Buffer cukup cendekia mengatasi batasan-batasan Facebook. Begini cara kerjanya: Akun Buffer memungkinkan Anda mendaftar sampai tiga akun; termasuk Facebook Page, grup Facebook, Instagram, Twitter, halaman LinkedIn, atau profil LinkedIn. (Buffer juga mengeposkan ke Pinterest, tetapi Anda tidak sanggup melakukannya di akun gratis.)

Katakanlah Anda ingin memposting foto dari ponsel Anda ke tiga layanan berbeda (Twitter, Instagram, dan Facebook) pada pukul 14:00 hari ini.

Dengan perkiraan Anda telah mengunduh aplikasi Buffer dan mendaftar:

  • Pilih foto yang ingin diposting, bagikan dari galeri Anda ke Buffer.
  • Pilih akun yang ingin dikirimi foto dengan mengetuk tanda plus di atas. Ketikkan teks yang ingin disertakan dengan foto. Anda juga sanggup menambahkan foto atau video tambahan.
  • Jika ingin mengirim teks yang berbeda ke layanan yang berbeda (misalnya, jikalau Anda ingin mengirim tagar ke akun Twitter tetapi tidak ke akun Instagram), ketuk “Kustomisasi” di bab bawah layar.
  • Saat siap, ketuk “Bagikan”. Anda sanggup menentukan untuk membagikannya sekarang, menciptakan agenda khusus, atau menambahkannya ke antrian yang telah diatur sebelumnya (jadwal posting yang sanggup dibuat). Jika ingin posting satu kali, ketuk pada “Jadwal kustom.”
  • Pesan Twitter akan secara otomatis dikirim ke Twitter pada waktu yang ditentukan. Namun, Anda akan menerima notifikasi di ponsel ketika saatnya memposting pesan Instagram.
  • Pada waktu yang ditentukan, Buffer akan mengirimi Anda pemberitahuan, dan memberi opsi untuk menghentikan pemberitahuan. Jika ingin memposting pesan, ketuk “Posting!”
  • Anda akan ditanya apakah Anda ingin mempostingnya ke sebuah Cerita (story) atau Umpan (feed). Biasanya posting ke Feed.
  • Di Instagram, Anda bisa memotong foto atau mengubah warnanya.
  • Halaman Instagram terakhir akan memperlihatkan fotonya kepada Anda. Buffer secara otomatis memasukkan caption ke cache ponsel, jadi cukup tekan ke area caption dan sematkan. Anda juga sanggup menentukan untuk memposting foto ke Facebook, Twitter, atau Tumblr.
  • Terakhir, ketuk “Bagikan.”
  • Mungkin ini terkesan agak rumit. Tapi begitu Anda terbiasa, itu cara yang baik untuk menjadwalkan posting ke Instagram dan Twitter atau Facebook sekaligus.

Cara lain ialah dengan memakai fitur Instagram untuk memposting ke Facebook, Twitter, atau Tumblr. Namun gambar-gambar itu tidak ditampilkan di feed, Anda harus mengikuti tautan ke Instagram untuk melihatnya. Tentu ini bukan postingan ideal yang Anda inginkan.

Dan jikalau Anda menginginkan lebih banyak fitur, mirip kemampuan mengelola sampai delapan jejaring sosial, versi Pro Buffer berharga $15 per bulan.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *