Counterpoint: Top 5 Vendor Smartphone Premium Dunia

Counterpoint: Top 5 Vendor Smartphone Premium Dunia

Sejak tahun kemudian penjualan smartphone global pada umumnya menurun, tetapi situasi lebih mengerikan lagi di segmen pasar premium, yang sepertinya “ambruk” ​​selama kuartal pertama 2019.

Pengiriman global telepon dengan harga di atas $400 (Rp5,7 juta) itu menurun 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang berdasarkan laporan Counterpoint Research terbaru, itu sangat buruk.

Tetapi IDC dan Strategy Analytics memperkirakan pasar smartphone secara keseluruhan hanya mengalami penurunan masing-masing sebesar 6,6 dan 4 persen pada Q1 2019 dibandingkan kuartal pertama 2018.

Itu artinya, handset yang disebut “premium” ini terjual lebih jelek daripada produk low-end.

Pada tiga besar dunia, bersama-sama, Apple, Samsung, dan Huawei menyumbang 88 persen pengiriman smartphone premium dunia antara Januari dan Maret. Hal itu cukup mengejutkan.

Penjualan iPhone anjlok 20 persen yang memungkinkan Samsung untuk menangkap seperempat (25%) potongan kue, dan Huawei kebagian 16 persen.

Penting dicatat, Samsung dan Huawei masing-masing hanya menguasai 22 dan 10 persen pangsa pasar pada tahun 2018, sementara porsi Apple terus menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Raksasa teknologi yang berbasis Cupertino itu mempunyai 58 persen pasar pada 2017, menyusut menjadi 51 persen tahun lalu, dan “hanya” 47 persen selama Q1 2019.

Siklus penggantian iPhone yang lebih usang disorot sebagai problem utama perusahaan, tetapi pada ketika yang sama, analis Counterpoint juga menyebutkan perangkat canggih Samsung menunjukkan nilai lebih dengan harga yang sama.

Sementara Huawei menerima nilai besar dalam hal kinerja kamera, teknologi AI, dan kualitas kerangka berdiri perangkat. Tetapi dengan boikot AS bulan lalu, perusahaan Cina itu mustahil mempertahankan tingkat pertumbuhannya baru-baru ini.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *