Twitter Hapus 4.800 Akun Terkait Iran

Twitter Hapus 4.800 Akun Terkait Iran

Twitter menangguhkan hampir 4.800 akun yang diduga eksklusif dijalankan atau ditautkan dengan pemerintah Iran. Raksasa media umum itu merilis laporan transparansi yang merinci upaya baru-baru ini untuk menghentikan penyebaran informasi yang keliru oleh aktor-aktor jahat di platformnya.

Selain akun Iran, Twitter menangguhkan empat akun yang diduga terkait dengan Internet Research Agency (IRA) Rusia, 130 akun palsu yang terkait dengan gerakan kemerdekaan Catalan di Spanyol dan 33 akun yang dioperasikan oleh entitas komersial di Venezuela.

Akun Iran dibagi menjadi tiga kategori tergantung pada acara mereka. Lebih dari 1.600 akun men-tweet konten isu global yang mendukung negara Iran. Sebanyak 248 akun terlibat secara khusus dalam diskusi ihwal Israel. Terakhir, total 2.865 akun dihentikan sebab mengambil meniru identitas yang dipakai untuk menargetkan problem sosial dan politik di Iran.

Twitter secara rutin memusnahkan akun-akun yang dicurigai sebagai campur tangan pemilihan dari Iran, Rusia, dan negara-negara lain semenjak kejatuhan dari pemilihan presiden AS 2016. Sebelumnya, pada bulan Februari, platform media umum mengumumkan telah melarang 2.600 akun terkait Iran dan 418 akun terkait dengan IRA Rusia yang diduga mencampuri pemilihan.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *