Diboikot Google, Huawei Kembangkan OS Sendiri

Diboikot Google, Huawei Kembangkan OS Sendiri

Huawei tengah menyiapkan sistem operasi miliknya sendiri. Ini dilakukan Huawei untuk mengantisipasi perang dagang yang makin memanas antara Huawei dan Amerika Serikat.

Seperti kita ketahui, beberapa waktu kemudian dikabarkan bahwa semua smartphone Huawei tidak akan mendapatkan update sistem operasi Android dan tidak mampu menjalankan sejumlah aplikasi milik Google. Pemerintah Amerika Serikat meminta Google melaksanakan hal itu, alasannya ialah Huawei dianggap tidak memenuhi persayaratan keamanan.

Sistem operasi Huawei ini hadir dengan nama berbeda di sejumlah negara. Di negara asalnya, China sistem operasi besutan Huawei ini akan hadir dengan nama HongMeng OS. Sementara versi global nya hadir dengan nama Oak OS.

Dijadwalkan sistem operasi Huawei akan dirilis pada Agustus mendatang. Namun, Huawei Consumer Business CEO, Richard Yu menyebutkan bahwa peluncuran OS Huawei lebih cepat yakni di isu terkini gugur tahun ini, tepatnya di bulan Juni ini. Sayangnya, Richard tidak mengungkapkan waktu niscaya peluncuran dan sudah sejauh mana perkembangan dari sistem operasi Huawei tersebut.

Sebelumnya, Huawei telah mengajukan sejumlah paten nama untuk sistem operasinya kepada EUIPO (European Union Intellectual Property Office). Nama tersebut ialah Huawei ARK OS, Huawei ARK, ARK dan ARK OS.

Tampaknya empat nama tersebut, tidak satupun digunakan oleh Huawei. Justru Huawei malah mengajukan nama baru. Tidak ada berita mengenai penggantian nama sistem operasi Huawei tersebut.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *