Lakukan 8 Hal Ini Agar Earphone Tetap Awet

Lakukan 8 Hal Ini Agar Earphone Tetap Awet

Anda pengguna earphone ? Saat ini, earphone sudah menjadi sobat setia yang menemani segala acara manusia. Mulai dari mengangkat panggilan telepon atau sekedar mendengarkan musik.

Terlebih lagi dikala ini hadir bermacam-macam earphone di pasaran yang mengusung fitur menarik yang mampu melaksanakan lebih dari sekedar untuk mendengarkan musik atau melaksanakan panggilan telepon. Ini juga didukung perangkat yang mampu terhubung dengan earphone juga semakin beragam, muali dari laptop, smartphone, tablet, wearable device dan perangkat lainnya.

Meskipun earphone yang Anda miliki sudah terbilang canggih, namun Anda perlu merawat earphone tersebut semoga tidak cepat rusak. Merawat earphone memang tidak terlalu sulit, namun terkadang para penggunanya sering lalai merawat earphone tersebut.

Kini Anda tak perlu khawatir, alasannya ada tips yang mampu merawat earphone Anda semoga tetap awet. Berikut ulasannya.

  1. Setting volume normal
    Menggunakan earphone dengan volume keras ternyata mampu mensugesti performa earphone. Kerasnya volume mampu merusak speaker dan komponen internal earphone. Akibatnya, kualitas audio earphone terus menurun akhir imbas bass yang terlalu keras.

Selain merusak earphone, volume yang keras juga mampu merusak pendengaran Anda. Untuk itu, setel volume normal pada dikala memakai earphone terutama pada dikala mendengarkan musik.

  1. Pastikan indera pendengaran kering dikala memakai earphone
    Air merupakan salah satu penyebab rusaknya earphone. Secara tak sadar biasanya kita memakai earphone dalam kondisi indera pendengaran yang basah. Hal inilah yang menciptakan earphone cepat rusak.

Selain itu, air juga mampu menjadikan korsleting pada earphone. Sebaiknya keringkan indera pendengaran Anda memakai handuk atau tissu ketika habis mandi, basuh muka, berwudhu, berkeringat atau apapun yang menciptakan indera pendengaran Anda basah. Pastikan indera pendengaran Anda benar-benar kering sehabis itu Anda mampu memakai earphone kembali.

  1. Bersihkan earphone secara rutin
    Debu yang melekat mampu mensugesti kualitas bunyi yang dihasilkan earphone. Sebaiknya, Anda bersihkan earphone Anda dari kotoran yang melekat secara rutin semoga memperpanjang usia earphone. Untuk membersihkan earphone, Anda mampu mempergunakan sikat gigi, cutton bud, kain microfiber serta cairan desinfektan maupun alkohol.

Cara membersihkannya cukup mudah, Anda mampu memakai sikat gigi atau kuas kecil. Pastikan sikat gigi Anda kering, kemudian gosokan perlahan pada kepala earphone sampai bubuk yang melekat hilang.

Jika bubuk yang melekat pada kepala earphone terlalu banyak, maka akan merusak komponen didalam earphone tersebut. Setelah dibersihkan, maka earphone Anda mempunyai bunyi yang jernih mirip sedia kala.

  1. Letakan gadget di bersahabat telinga
    Kerusakan earphone mampu terjadi dikala Anda terlalu sering menarik-narik kabelnya, hal ini menciptakan komponen dalam jack jadi gampang lepas. Agar hal itu tidak terjadi lagi, cobalah letakkan smartphone atau gadget lainnya tak jauh dari indera pendengaran Anda dikala menghubungkan dengan earphone.

Anda mampu meletakan smartphone di saku baju, di saku lengan, atau saku jaket. Jangan biarkan kabel earphone tertarik paksa dalam jarak yang terlalu jauh pada dikala digunakan.

  1. Pilihlah earphone model jack berbentuk L
    Earphone yang tersedia di pasaran dikala ini hadir dalam dua model colokan yang berbentuk lurus dan ibarat aksara L. Sebaiknya pilih earphone dengan model jack L. Hal ini dikarenakan jack kabel terpasang lebih kencang dan tidak gampang lepas sehingga earphone tetap awet.

Pasalnya jack colokan yang berbentuk lurus mampu gampang lepas dikala kabel terjepit atau tertarik benda lain. Dengan demikian, jack tersebut mampu meminimalisir kemungkinan rusak alasannya kabel tertarik.

  1. Pilihlah kabel earphone berbahan berpengaruh dan anti kusut
    Selain menentukan jack, sebaiknya Anda menentukan earphone berbahan berpengaruh dengan material tembaga berkualitas tinggi semoga kabel earphone tidak gampang putus. Selain itu, Anda juga mampu menentukan earphone yang mempunyai kabel anti kusut sehingga tidak kusut dikala digunakan, apalagi dikala digulung. Dengan demikian, mampu meminimalisir kerusakan dan memperpanjang usia earphone Anda.
  2. Gulung kabel earphone dengan benar
    Yang sering menjadi penyebab rusaknya earphone yaitu ketika penggunanya tidak menggulung bahkan meletakan di sembarang tempat. Hal ini akan menciptakan earphone tertarik kesegala arah sehingga kabel terlilit berantakan. Akibatnya, kabel lepas dan bunyi yang dihasilkan jadi tak jelas.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus menggulung earphone tersebut ketika final digunakan. Cara melakukannya cukup mudah, lilitkan kabel earphone pada tiga jari tangan Anda dengan contoh mirip angka delapan. Sisakan beberapa bagian, kemudian lilitkan pada cuilan tengah.

Kemudian masukkan ujung jack pada lubang lilitan. Setelah itu, sebaiknya gunakan pengait earphone semoga gulungan tersebut tidak gampang terbuka.

  1. Simpan Earphone di daerah yang layak
    Meletakan earphone di sembarang daerah juga mampu memicu kerusakan earphone. Setelah menggulung earphone, Anda juga harus meletakan earphone di daerah yang benar. Biasanya kita sering meletakan earphone dengan kabel lain mirip kabel usb, charger dan kabel lainnya. Hal ini menciptakan kabel tersebut tergulung menjadi satu sehingga kabel earphone menjadi kusut atau bahkan kusut.

Menyimpan earphone di dalam saku celana, kantong kemeja, dan di dalam tas juga sangat tidak disarankan. Setelah digulung dengan benar, sebaiknya simpan earphone di dalam kotak kemasan atau simpan earphone di dalam casing pelindung. Karena kebanyakan vendor earphone sekarang menunjukkan casing secara cuma-cuma untuk menyimpan earphone sehingga meminimalisir kerusakan.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *