Pixel 3a dan 3a XL Dilaporkan Terjangkit Bug

Pixel 3a dan 3a XL Dilaporkan Terjangkit Bug

Google balasannya mengumumkan kehadiran dua smartphone Pixel terbarunya, yaitu Pixel 3a dan 3a XL. Keduanya resmi dikenalkan pada debut di ajang Google I/O 2019 awal Mei.

Belum sebulan diluncurkan, kabarnya kedua smartphone ini dilaporkan terserang bug yang cukup menganggu, yaitu random shutdown.

Awalnya diduga peristiwa itu dipicu aplikasi pihak ketiga yang bermasalah,

Namun, dikala dicoba masuk safe mode yang hanya menjalankan aplikasi bawaan ponsel, Pixel 3a dan Pixel 3a XL tetap mengalami random shutdown.

Di lembaga online mirip laman support milik Google, sejumlah pengguna Pixel 3a dan Pixel 3a XL mengeluhkan perangkatnya bisa tiba-tiba mati tanpa karena yang jelas, meski ponsel dalam keadaan sedang tidak digunakan.

Ada juga sebagian pengguna yang mengira biang keladi problem berkaitan dengan modul Wi-Fi ponsel karena Pixel 3a dan Pixel 3a XL rentan shutdown dikala tersambung ke WLAN.

Akan tetapi penyebab pastinya sampai kini belum jelas. Google pun belum mengeluarkan pernyataan resmi soal ini.

Seperti dilaporkan Engadget, sesudah mati mendadak, Pixel 3a dan Pixel 3a XL tidak bisa eksklusif dinyalakan kembali. Pengguna harus menekan tombol power selama 30 detik untuk melaksanakan hard reset pada ponsel Pixel mereka terlebih dahulu.

Selagi penyebabnya belum diperbaiki, solusi ini pun bisa dibilang hanya bersifat sementara. Sebab, pengguna bisa dilanda problem yang sama di waktu yang akan datang.

Apabila bersumber dari bug software, problem mati mendadak mungkin bisa diselesaikan dengan menyalurkan update firmware ke Pixel 3a dan Pixel 3a XL.

Beda halnya kalau problem menyangkut hardware. Mungkin tak ada cara lain di luar menukarkan perangkat dengan unit yang tak bermasalah.

Seperti diketahui, dilaporkan The Guardian, Google membandrol dua seri smartphone ini lebih murah dari flagship smartphone yang ada sekarang.

Menurut Rick Osterloh, SVP Devices Services Google, smartphone high-end semakin usang semakin mahal, sehingga Google memikirkan cara untuk mengoptimalkan software di perangkat yang lebih terjangkau.

Google Pixel 3a dijual dengan harga mulai USD399 (Rp5,7 juta). Sementara Pixel 3a XL USD479 atau Rp6,9 juta. Ada tiga pilihan warna, yaitu Just Black, Clearly White and Purple-ish.

Pixel 3a hadir dengan layar OLED 5,6 inch dengan resolusi Full HD+. Sementara Pixel 3a XL lebih luas dengan ukuran 6 inch dan tampil tanpa notch.

Kedua smartphone ini dibekali kemampuan kamera serupa Pixel 3 standar dengan lensa beresolusi 12,2MP, yang termasuk di dalamnya fitur Night Sight.

Pixel 3a dan Pixel 3a XL disematkan kamera depan beresolusi 8MP untuk keperluan selfie.

Untuk kinerja, Pixel 3a memakai chipset Snapdragon 670, sedangkan Pixel 3a XL dibekali Snapdragon 710.

Keduanya sama-sama dipersenjatai dengan RAM 4GB yang dipadukan dua opsi memori internal, yaitu 64GB dan 128GB. Baik Pixel 3a dan Pixel 3a XL.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *