Masuk Daftar Hitam, Huawei Tentang Keputusan Pemerintah AS

Masuk Daftar Hitam, Huawei Tentang Keputusan Pemerintah AS

Huawei kembali mengalami pencekalan di Amerika Serikat (AS). Beberapa waktu lalu, Departemen Perdagangan AS telah menambahkan Huawei Technologies Co Ltd ke daftar blacklist berjulukan “Entity List”. Sebanyak 70 perusahaan yang terafiliasi dengan Huawei juga masuk dalam Daftar Entitas.

Seluruh perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut tidak boleh membeli komponen dalam bentuk apapun dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah AS. Jika Huawei ingin membeli komponen tertentu dari perusahaan AS, Huawei harus mengajukan izin kepada pemerintah AS untuk membeli komponen tersebut.

Kebijakan gres ini juga akan menyulitkan Huawei untuk menjual beberapa produk alasannya ketergantungannya pada pemasok AS. Berdasarkan pesanan yang akan mulai berlaku dalam beberapa hari mendatang, Huawei akan memerlukan lisensi pemerintah AS untuk memakai semua perangkat teknologi AS.

Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross menyampaikan keputusan ini diambil semoga teknologi yang dimiliki perusahaan asal Amerika Serikat tak disalahgunakan oleh pihak gila yang ingin merusak keamanan nasional, termasuk Huawei. Alasannya masih sama dengan penolakan Huawei di AS sebelumnya ialah alasannya urusan keamanan.

Terkait hal ini, Selular.ID mengkonfirmasi kepada pihak Huawei melalui email. Dalam pernyataan resmi dari Huawei yang diterima Selular.ID, Huawei merasa keberatan atas keputusan pemerintah AS.

“Huawei menentang keputusan yang dikeluarkan oleh Biro Industri dan Keamanan (BIS) Kementerian Perdagangan Amerika Serikat. Keputusan tersebut tidak menguntungkan bagi semua pihak dan berpotensi menunjukkan dampak ekonomi yang signifikan terhadap perusahaan AS yang berbisnis dengan Huawei. Misalnya mensugesti puluhan ribu lapangan kerja di AS, serta merusak tatanan kerja sama dan prinsip saling percaya yang ada dalam sistem rantai pasok global,” ungkap Pihak Huawei.

Huawei akan mengambil langkah yang sempurna guna mengatasi hal ini.

“Kami juga akan secara proaktif memitigasi dampak dari peristiwa ini,” papar Huawei.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *