Di India, Vending Machine Jual Smartphone

Di India, Vending Machine Jual Smartphone

Setelah muncul toko online, penjaja smartphone di pasar konvensional sekarang menerima pesaing baru, setidaknya di India. Di sana, vending machine yang biasanya menjajakan minuman ringan kemasan, segera menyediakan smartphone.

Salah satu vendor smartphone terkenal di sana, Xiaomi, telah mengumumkan rencananya untuk mendirikan Mi Express Kiosk di India. Yaitu mesin penjual otomatis (vending machine) yang mampu dipakai pelanggan untuk membeli produk Xiaomi secara langsung, tanpa harus berurusan dengan perantara.

Mesin penjual otomatis ini akan hadir di seluruh kota metro di area publik mirip taman teknologi, stasiun metro, bandara, dan sentra perbelanjaan.

Konsumen akan mampu membeli produk memakai kartu kredit, kartu debit, uang tunai dan Unified Payments Interface (UPI) yakni sistem pembayaran real-time instan yang dikembangkan oleh Pemerintah India.

Perusahaan berencana untuk mendirikan kios-kios ini selama beberapa bulan mendatang dan akan memperluas ke lebih banyak kota di seluruh negeri.

Mi Express Kiosk ialah langkah strategis perusahaan untuk memotong biaya mediator dan menjual produk eksklusif ke pelanggan. Xiaomi sudah melaksanakan ini melalui situs web Mi.com dan juga toko ritel Mi Home.

Dengan begitu, akan memungkinkan mereka untuk menjual produk dengan harga yang jauh lebih rendah.

Kios Mi Express sangat irit biaya, sebab tidak memerlukan tenaga penjual atau staf untuk hadir dan pelanggan mampu mengoperasikan mesin sendiri.

Setelah India, apakah Xiaomi akan menerapkan langkah yang sama di negara lain mirip Indonesia? Kita tunggu saja.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *