RAM 6GB di Infinix Hot 7 Pro Apa Gunanya?

RAM 6GB di Infinix Hot 7 Pro Apa Gunanya?

Infinix belum usang ini meluncurkan smartphone terbarunya yaitu Hot 7 Pro. Hot 7 Pro mengusung RAM besar hingga 6GB dengan harga terjangkau yaitu Rp 1.699.000. Infinix Hot 7 Pro ini merupakan smartphone pertama Infinix yang diboyong ke Indonesia dengan harga terjangkau.

Selain RAM besar, Infinix Hot 7 Pro mengusung 4 kamera sebagai fitur andalan dengan 2 kamera belakang dan 2 kamera depan beresolusi sama 13MP dan 2MP. Spesifikasi lainnya pun cukup mumpuni mirip layar 6,2 inci, ROM 64GB, baterai 4000 mAh.

Namun sayang, chipset yang dipakai Infinix Hot 7 Pro masih Mediatek Helio P22. Mediatek Helio P22 memang ditujukan untuk ponsel entry level dengan rentang harga Rp 1 jutaan.

Karena dipakai untuk ponsel menengah, chipset Mediatek identik dengan harga murah dan performa kurang optimal. Mediatek Helio P22 mempunyai kemampuan setara chipset Snapdragon 636. Chipset Snapdragon 636 selama ini dipakai untuk smartphone mid-to-high dengan kisaran harga 2,5 jutaan.

Mediatek Helio P22 menunjukkan performa optimal dalam mengolah grafis. Kemampuan inilah yang menciptakan Mediatek Helio P22 cepat panas dan boros baterai, meski chipset ini mempunyai fitur irit daya.

Dilansir dari banyak sekali sumber, bila chipset Helio P22 disandingkan dengan RAM 6GB, rasanya kurang pas. Sebab kemampuan Helio P22 belum bisa mendukung sepenuhnya RAM 6GB.

Mengingat sejauh ini smartphone yang beredar di pasaran yang memakai chipset Helio P22 mempunyai kapasitas RAM 2GB hingga 4GB. Misalnya Xiaomi Redmi 6 dan Xiaomi Redmi 6A. Kedua ponsel tersebut mengusung varian RAM 2GB, 3GB dan 4GB.

Pemilihan chipset Mediatek inilah yang menciptakan Infinix Hot 7 Pro dibanderol dengan harga terjangkau. Seperti smartphone entry-level pada umumnya, dalam memproduksi produk tentunya ada sesuatu yang dikorbankan untuk menekan biaya produksi tersebut.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *