Android Q Akan Hadirkan 3D Touch Seperti iPhone

3D Touch merupakan salah satu fitur khas iPhone yang berfungsi memunculkan hidangan UI berbeda menurut tingkat tekanan jari di layar.

Fitur ini pertama kali diimplementasikan pada seri iPhone 6S di 2015 lalu, kesuksesaan fitur ini tampaknya akan dikembangkan Google.

Setelah meluncurkan versi Beta 2 Android Q, kali ini muncul asumsi fitur gres Android Q.Seperti dilaporkan Android Police, Google bakal menerapkan fitur serupa 3D Touch di sistem operasi Android Q.

Fitur ala 3D Touch sempat beberapa kali dikabarkan bakal hadir di ponsel Android. Belakangan, rumor serupa kembali menyeruak seiring dengan mendekatnya waktu perkenalan OS Android terbaru yang biasanya diumumkan menjelang pertengahan tahun.

Google disinyalir bakal menerapkan fitur serupa 3D Touch di sistem operasi Android Q. Sebuah dokumen berjulukan MotionEvent memberikan adanya gestur yang sama dengan 3D Touch milik iOS.

Dokumen MotionEvent ini muncul secara lengkap.Dokumen tersebut juga menyebutkan apa yang akan terjadi jika pengguna menekan dalam-dalam dan tidak.

Di dalam MotionEvent Android Q dijelaskan bahwa OS akan merespon input pada permukaan layar dengan cara berbeda apabila pengguna menekan jari ke layar dengan lebih kuat. Tekanan yang lebih berpengaruh ini diistilahkan sebagai “deep press”.

Artinya deep press berfungsi sebagai jalan pintas untuk long press. Alih-alih menahan jari beberapa ketika untuk menunggu hidangan muncul, pengguna bisa menekan jari lebih keras biar hidangan yang bersangkutan pribadi tampil.

Namun, perbedaan respon tadi disebut hanya hingga situ saja. Berbeda dari 3D Touch, perangkat Android tidak bisa membedakan besar tekanan antara tekanan “ringan”, “sedang”, dan “keras”. Mungkin alasannya adalah ini membutuhkan hardware khusus yang disematkan di layar.

Google mungkin akan memakai algoritma khusus untuk sekadar membedakan apakah pengguna melaksanakan tekanan biasa atau keras (deep press).

Jika memang benar Android Q bisa membedakan mana sentuhan yang pelan dan tidak, maka terang akan ada teknologi layar sentuh baru.

Setelah fitur buble, new notification, dan lainnya. Nampaknya fitur sentuhan ini akan menjadi fitur terbaru dari Google.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *