Sebandingkah Biaya Produksi dan Harga Jual iPhone?

Produk smartphone milik Apple, iPhone populer dengan harga yang cukup tinggi. Bahkan seringkali konsumen tercengang dengan harga yang dipatok oleh sang produsen gadget ini.

Banyak yang menyebutkan jikalau biaya materi dan produksi iPhone tidaklah seberapa dibandingkan dengan harga merek yang menciptakan harga jual smartphone ini menjadi tinggi.

Situs e-commerce berhemat CupoNation pun melaksanakan studi dengan mengumpulkan data dari biaya produksi iPhone dari masa kemasa dan membandingkannya dengan harga resmi iPhone pada ketika peluncuran.

Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dari 18 model iphone yang dirilis dari tahun 2008 hingga 2018, iPhone mempunyai persentase biaya produksi rata-rata yakni, 33,07% dari harga resmi unit iPhone ketika peluncuran.

Meskipun mempunyai biaya produksi yang terbilang rendah, namun penemuan membuatnya begitu berharga hingga tetap diminati walau dengan harga di atas rata-rata smartphone di pasaran.

Salah satu model yang gres diluncurkan oleh Apple yaitu iPhone XS Max, dimana iPhone model ini kembali dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yaitu dimulai dari USD1099 atau setara dengan Rp15,378,032.

Jika melihat dari biaya materi dan produksi, untuk memproduksi satu unit iPhone XS Max maka setidaknya Apple harus merogoh USD390 atau setara dengan Rp5,459,610. Apabila nominal tersebut disanding dengan harga resmi ketika peluncuran, maka biaya produksi sebuah iPhone XS Max akan mengambil sekitar 35% dari harga jualnya.

memang terlihat jikalau biaya produksi sebuah iPhone tidak hingga 50% dari harga jual. Bahkan rata-rata biaya produksi untuk 1 unit iPhone hanya mengambil 33,07% dari harga resmi ketika peluncuran.

Berdasarkan hasil studi, iPhone 6 Plus yaitu model yang mempunyai biaya produksi terendah yaitu USD211.10 atau sekitar Rp2,955.189. Jika dibandingkan dengan harga jualnya yang dimulai dari USD749 atau setara dengan Rp10,480,570, maka persentase biaya produksi iPhone 6 Plus hanya akan mengambil 28% dari harga penjualan.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *