Tips Memilih Power Bank yang Tepat

Power Bank merupakan aksesoris bawaan wajib pengguna smartphone dalam beraktivitas, sehingga tidak mengherankan jikalau beberapa pedagang ponsel di sentra penjualan Smartphone ITC Roxy Mas Jakarta Pusat menyebutkan kalau power bank selalu terjual setiap harinya. Dan power bank dengan kapasitas 10.000mAh sampai 15000mAh menjadi pilihan konseumen.

Walaupun dipasaran banyak dijual power bank dengan bermacam-macam merk dan pilihan, namun berdasarkan Eddy, Pemilik Toko Aksesoris di ITC Roxy Mas Jakarta Pusat, pengguna harus pandai-pandai dalam menentukan aksesoris ini. Karena, jikalau salah, power bank yang dibeli akan cepat rusak, meskipun gres dipakai beberapa kali.

Eddy pun menyampaikan tips untuk menentukan power bank biar mampu dipakai dalam jangka lama. Berikut tipsnya:

Pilih Brand yang sudah terkenal
Ada aneka macam jenis merk power bank di pasaran. Pastikan menentukan merek terpercaya. Dengan menentukan merek yang populer dan dijamin keasliannya, kualitasnya sudah teruji. Namun, jangan salah Di luar sana banyak produk palsu yang beredar memakai merek-merek terkenal. Untuk mengenali apakah itu palsu atau tidak, mampu dilihat dari harga. Misalnya kapasitas besar, dijual dengan harga sangat murah itu harus berhati-hati. Logikanya, nggak mungkin kapasitas besar dijual murah. Terkadang, baterai yang dipakai yaitu baterai yang direkondisi yang tentunya akan membahayakan ponsel.

Kapasitas Besar Namun Ringan
Jika kapasitas yang ditawarkan besar, namun power bank cukup ringan itu sudah mampu dipastikan yaitu palsu, alasannya jikalau kapasitas besar, maka sudah dipastikan power bank menyesuaikan dengan kapasitasnya.

Tipe sel baterai
Ada dua jenis sel baterai yang biasanya dipakai oleh produsen bank daya untuk ditawarkan kepada konsumen. Biasanya mereka memakai Li-po dan Li- Ion. Jenis sel baterai tersebut mempunyai kelebihan yang berbeda. Misalnya, saat baterai dengan jenis Li-po pada bank daya akan lebih unggul daripada baterai Li-Ion.

Jika dibandingkan dengan baterai Li-Ion, baterai jenis Li-po mempunyai daya yang lebih baik saat mengisi daya baterai smartphone dan tablet. Dengan daya dan arus yang masuk dari bank daya ke baterai smartphone dan tablet, itu akan meningkatkan masa pakai baterai. Jadi, disarankan menentukan baterai Li-po yang mempunyai kekuatan lebih dari Li-Ion.
Power bank kompatibel dengan perangkat

Ketika menentukan bank daya, lihat kompatibilitas bank daya dengan perangkat yang dimiliki. Ini biasanya tercetak pada kemasan. Power bank yang kurang cocok mampu mempunyai imbas buruk. Bahkan, merusak atau mempersingkat masa pakai baterai. Nah, jikalau kabel data mengalmai kerusakan, biasakan untuk membeli sesuai dengan merk jikalau harus mengganti.

Arus harus seimbang dengan ponsel
Aliran daya mempunyai tugas penting dalam penggunaan ponsel cerdas. Semakin besar pedoman daya mengalir, semakin cepat baterai ponsel cerdas akan terisi. Terlebih, kini ini ada banyak gadget yang menghadirkan fitur pengisian cepat. Karena itu, sebelum membelinya, periksa terlebih dahulu nilai arus bank daya. Kemudian, sesuaikan dengan arus daya ponsel.

Jika arus yang diharapkan yaitu dua ampere, maka pastikan membeli power bank dengan nilai arus yang sama. Itu biar pengisian baterai oleh power bank mampu berjalan normal. Untuk melihat nilai arus, mampu melihatnya pada kemasan power bank dan kardus ponsel atau biasanya ada dalam deskripsi kepala pengisi daya.

Perhatikan sertifikasi
Seperti halnya smartphone yang harus mempunyai izin pos. Di beberapa negara maju juga mengharuskan barang-barang tertentu yang dijual di negara mereka harus melalui sertifikasi, termasuk power bank. Misalnya, jikalau di Amerika FCC, Eropa EC dan sertifikasi pengisi daya baterai BC. Logo sertifikasi tersebut setidaknya mengindikasikan bahwa bank daya mempunyai standar internasional.

Namun, bukan berarti power bank yang nggak mempunyai logo tersebut di atas nggak bagus. Sebab, nggak semua merek dibentuk dan dijual ke pasar mirip Amerika atau Eropa. Jadi, jikalau merek tertentu nggak mempunyai logo FCC atau EC, mungkin itu yaitu versi yang nggak dipasarkan untuk Amerika atau Eropa.Selain itu, pilih juga yang bersertifikasi UL. Itu merupakan salah satu sertifikasi tes untuk produk peralatan eletronik. Sehingga, mempunyai standar yang kondusif dalam penggunaannya dan nggak membahayakan pengguna jikalau ada kerusakan.

Fitur keamanan
Pastikan power bank yang ingin dibeli mempunyai fitur Perlindungan Sirkuit Pendek, yaitu fitur derma untuk mencegah korsleting, baik pada power bank atau gadget. Sehingga, akan terhindar dari kerusakan.

Selain itu, penting untuk mempunyai fitur Perlindungan Pengisian Lebih. Yang berarti bahwa jikalau baterai dalam perangkat terisi penuh oleh power bank, maka arus listrik yang mengalir secara otomatis akan terputus. Dan akan lebih lengkap jikalau ada juga fitur Perlindungan Suhu. Yaitu, untuk mendeteksi panas berlebihan saat mengisi daya.

Pilih power bank yang ada layar indikator
Beberapa power bank menyampaikan layar indikator yang berbeda untuk beberapa fungsi. Sangat penting untuk mengetahui gosip wacana power bank mirip angka pengisian, sisa daya pasokan, kegiatan kini ini dan sebagainya. Dengan adanya indikator, pengguna mampu lebih gampang mengetahui wacana waktu pengisian dan tentu saja mampu merencanakan kapan waktu yang sempurna untuk mengisi ulang power bank.
Karena, pengisian power bank nggak sebentar. Terlebih, jikalau kapasitasnya besar, mampu memakan waktu lebih dari 10 jam untuk terisi penuh.

Garansi
Pilih power bank dengan garansi produk yang relatif panjang, setidaknya 6 bulan atau 1 tahun. Pastikan garansi yaitu jaminan resmi, bukan jaminan toko atau pribadi. Banyak produk KW ditawarkan dengan harga murah dan menyampaikan jaminan 1 tahun. Tetapi, bukan jaminan resmi.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *