Sony Mobile Berencana Pangkas 50% Karyawan

Menyusul pensiunnya chairman Sony, Hirai Kazua, dan kabar wacana restrukturisasi divisi ponsel arif ke dalam Sony Electronics Products and Solutions, pemutusan relasi kerja (PHK) menjadi hal yang tak terhindarkan.

Laporan terbaru menyebutkan, setidaknya setengah dari 4.000 tenaga kerja yang terdapat di divisi Sony Mobile bakal dirumahkan pada tahun 2020. Kebijakan ini diambil oleh administrasi perusahaan dalam rangka memangkas biaya operasional.

Sony Mobile sendiri berencana mengalihkan fokusnya ke pasar Eropa dan Asia Timur, dan membatasi operasi perusahaan di daerah Asia Tenggara.

Beberapa karyawan Jepang akan ditawari posisi di divisi lain, sementara pekerja di Eropa dan Tiongkok harus menentukan pensiun secara sukarela.

Restrukturisasi dan pemutusan relasi kerja ini terjadi menyusul rapor merah yang dibukukan Sony Mobile selama beberapa tahun terakhir.

Pangsa pasar perusahaan sendiri telah menyusut menjadi kurang dari 1 persen sesudah mencapai angka lebih dari 3 persen pada tahun 2010, dan angka penjualan ponsel cerdas untuk tahun fiskal 2018 diperkirakan sekitar 6,5 juta unit.

Pihak perusahaan berharap, sesudah restrukturisasi dan optimalisasi operasional, divisi smartphone mampu menghasilkan keuntungan pada tahun fiskal 2020.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *