Fitur Live Composite Hasilkan Foto Long Exposure Menakjubkan

Teknologi digital memungkinkan pengguna untuk menciptakan hasil karya fotografi yang berkualitas dengan lebih mudah. Salah satu teknik yang digemari ialah menciptakan long exposure atau ekposur panjang sebab menyajikan hasil foto yang menakjubkan.

Eksposur panjang memungkinkan untuk mengubah suasana malam yang gelap menjadi terang dan menghaluskan lautan angin puting-beliung menjadi kabur dan berkat fotografi digital, ini ialah seni fotografi yang sangat populer. Misalnya saja untuk memotret kembang api, keramaian kemudian lintas (light trail), lukisan cahaya (light painting), gerojokan yang sangat halus, formasi bintang (star trail), petir, dan sebagainya.

Pada kamera konvensional, untuk menciptakan foto long exposure bukan kasus mudah. Kesalahan eksposur ketika mengukur kecepatan rana menciptakan hasil foto yang tidak menyenangkan. Untuk menciptakan hasil yang sesuai, butuh waktu dari beberapa menit sampai berjam-jam. Belum lagi proses editing di komputer yang memakan waktu.

Olympus mempermudah pengguna untuk menciptakan foto long exposure melalui Live Composite di produk kameranya. Fitur ini bertujuan menghasilkan gambar eksposur panjang secara gampang tanpa harus khawatir perihal paparan sinar berlebih (over exposure).

Kunci kegunaannya ialah memungkinkan pengguna untuk mengambil serangkaian foto dan menumpuknya bersama di dalam kamera. Metode ini akan menciptakan eksposur dasar, dan hanya akan mengubah kecerahan serta merekamnya ketika cahaya gres ditambahkan. Kemudian menghentikan pemotretan eksposur ketika alhasil sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Fotografer profesional, Harry Sebastian, mengungkapkan, fitur Live Composite memungkinkan pengguna untuk menumpuk foto di dalam kamera untuk menciptakan foto dengan eksposur usang yang biasanya tidak mampu dilakukan pada kamera konvensional, atau dalam situasi pencahayaan dimana penggunaan teknik long exposure normal tidak berfungsi.

“Menggunakan live composite juga mengurangi pengeditan dengan tidak harus menumpuk gambar di Photoshop. Karena mampu eksklusif memberikan bangunan eksposur secara real time di layar kamera,” jelasnya.

Marketing & Sales Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI), Sandy Chandra, mengatakan, fitur Live Composite hanya ada di kamera Olympus. Fitur ini sangat memudahkan pengguna dalam pembuatan foto long exposure dengan singkat dan praktis. Proses pergerakan cahaya juga mampu terlihat secara live pada LCD.

“Pengguna mampu menciptakan banyak sekali foto long exposure tanpa menciptakan gambar menjadi semakin terang mirip yang terjadi pada dikala memakai fitur bulb atau live bulb. Eksposur dasar pada fitur ini mampu di kontrol sesuai keinginan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memotret fire works, lightning, star trail, light trail, dan foto-foto long exposure menakjubkan lainnya dengan mudah,” ungkap Sandy, dalam keterangan persnya, Jumat (18/1).

Lebih lanjut, Sandy menambahkan, intinya fitur ini terdapat pada semua kamera Olympus yang ada di pasar dikala ini, yaitu PEN E-PL7, E-PL8, E-PL9, PEN F, OM-D E-M10 mark I, E-M10 mark II, E-M10 mark III, E-M5 Mark II, E-M1 mark I dan E-M1 mark II.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *