Cara Cek Kerusakan Hardware Mac via Apple Diagnostics

Komputer Mac dan MacBook memang berbeda dengan PC dan laptop Windows. Bukan cuma problem sistem operasi yang memakai OS X atau macOS saja, namun juga cara untuk mengecek problem dan mengidentifikasi kerusakan.

Apple punya metode dan cara sendiri untuk mendiagnosa kerusakan Mac. Metode tersebut diberi nama Apple Diagnostic, atau yang sebelumnya diberi nama Apple Hardware Test, untuk menguji semua hardware apakah ada kerusakan atau tidak.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Mac dan MacBook Stuck di Logo Apple
Cara Mengatasi Folder Tanda Tanya di Mac dan MacBook
Mengatasi Masalah MacBook Tidak Bisa Charge Baterai
Cara kerja Apple Hardware Test atau Diagnostics ini ialah menilik semua hardware secara menyeluruh. Yang perlu kau lakukan ialah menjalankannya kemudian menunggu sampai proses pengecekan selesai.

Jika ada kerusakan, maka Apple Hardware Test atau Apple Diagnostics ini akan menampilkan hasil investigasi hardware Mac atau MacBook kamu. Setelah pengecekan, kau mampu menentukan melaksanakan beberapa hal yang disarankan.

Cara melaksanakan Apple Hardware Test atau Apple Diagnostics ini cukup mudah. Kamu mampu ikuti tips dan tutorial berikut ini.

Pastikan semua periferal dan perangkat eksternal sudah terlepas semua. Untuk pengguna iMac, tentu saja jangan lepaskan sambungan keyboard dan mouse.
Pastikan listrik tidak mati dikala proses pengecekan Apple Hardware Test berlangsung. Untuk pengguna Mac desktop, mampu siapkan power supply bila sewaktu-waktu listrik padam, dan untuk MacBook pastikan baterai penuh.
Matikan Mac atau MacBook sebelum memulai diagnosa hardware.
Nyalakan Mac kemudian eksklusif tekan dan tahan tombol D di keyboard. Tahan terus sampai layar menampilkan tampilan pemilihan bahasa.
Jika bahasa sudah eksklusif dikenali, maka kau akan eksklusif melihat proses pengecekan hardware. Ini berarti proses Diagnostics sudah dimulai.
Proses mampu berlangsung selama beberapa menit. Tunggu sampai semua selesai.
Jika ada masalah, Apple akan menunjukkan aba-aba rujukan error hardware Mac tersebut.
Kamu mampu melaksanakan pengujian lagi dengan menekan Command + R, melihat rincian problem hardware, atau melaksanakan restart dan mematikan Mac.
Setelah selesai, kau mampu eksklusif mencari di internet wacana aba-aba error tersebut. Biasanya juga sudah banyak orang yang menuliskan pengalaman mereka wacana error yang sama, dan juga menuliskan solusi.

Jika kau tidak menemukan solusi, serta kerusakan hardware tersebut mengganggu pekerjaanmu, kau mampu eksklusif bawa ke service center untuk perbaikan

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *